Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

TIM PBB PERIKSA PERALATAN TNI DI KONGO

clip_image002

KONGO (Pos Kota) – Tim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memeriksa peralatan militer Kontingen Indonesia yang bertugas di Kongo. Tim inspeksi COE (Contingent Owned Equipment) dari rigade Ituri yang berjumlah dua orang itu tiba di Bandara Dungu pukul 11.30 waktu setempat menggunakan Helikopter jenis Mi-8 milik Rusia.

Kemudian mereka langsung menuju Camp Indonesia Engineering Company di wilayah Dungu. Tim COE ini diketuai Mr. Crecencio Agunda (WN Filipina) dibantu oleh Mr. James Foday Maada Boima (WN Sierra Leone).

Sebelum mengecek, tim menerima paparan selama 30 menit dari Koman-dan Satgas mengenai kondisi peralatan yang dimiliki oleh Kontingen Garuda XX-F/Monuc.

Inspeksi kali ini merupakan yang ke tiga semenjak Satgas Kompi Zeni TNI pimpinan Mayor Czi Sugeng Haryadi Yogopranowo di Kongo.

Inspeksi tersebut juga merupakan yang pertama sejak Markas Komando Satgas bergeser ke wilayah Dungu. Inspeksi dilaksanakan setiap triwulan oleh PBB untuk mengecek peralatan utama (major equipment) dan peralatan pendukung (minor equipment) yang digunakan oleh kontingen negara yang ikut andil dalam operasi pemeliharaan perdamaian PBB.

Kegiatan Inspeksi peralatan satgas Kompi Zeni TNI dimulai secara bersamaan. Untuk pemeriksaan per-alatan utama (major equipment)
dilakukan oleh Mr. Crecencio dan untuk peralatan pendukung (minor equipment) dilaksanakan oleh Mr. James.

Perlengkapan utama Kontingen Garuda XX-F meliputi rumah sakit level 1, mobil ambulan, kendaraan angkut personel, truck cargo, bengkel berjalan, tangki bahan bakar minyak, truck tangki air, prime mover beserta trailernya, bulldozer, trailer kompresor udara, crane, bucket loader, grader, roller, dump truck, backhoe loader, concrete mixer, forklift, mesin penjernih air, generator, kontainer pendingin serta kontener gudang.

Sementara peralatan pendukung terdiri dari perlengkapan memasak dan peralatan makan, peralatan komunikasi, peralatan kantor, toolkit tukang kayu dan bangunan, peralatan penjinak bahan peledak (jihandak), tenda, alat bantu lihat (teropong siang-malam) serta GPS dan kompas.

Dalam inspeksi kali ini Ketua tim inspeksi COE memuji sambutan hangat yang diberikan oleh seluruh anggota Satgas dalam menghadapi inspeksi. Mr. Crecencio Agunda saat ini menjabat sebagai COE Inspector wilayah Brigade Ituri dan merupakan pensiunan tentara Filipina berpangkat Kolonel serta pernah bertugas sebagai ‘Peacekeepers’ di Bakau-Timor Leste tahun 2001-2003.

http://www.poskota.co.id/nasional/2009/06/09/tim-pbb-periksa-peralatan-tni-di-kongo

Juni 12, 2009 - Posted by | TNI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: