Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

SMScryptor: Cara Kirim SMS Rahasia

SMScryptor: Kirim SMS Rahasia Yuk!

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pengguna SMS ialah sekuriti. Sampai detik ini tidak ada yang bisa menjamin pesan yang Anda kirim dari ponsel Anda hanya akan dibaca oleh orang yang Anda tuju.
Dari ponsel Anda, saat SMS dikirim pesan akan tersimpan di Sent Items. Siapa pun yang meminjam ponsel Anda dan membuka folder tersebut bisa membaca isi SMS. Dalam transmisi data SMS dari ponsel ke BTS, lalu dari BTS ke SMS center, lalu kembali ke BTS tujuan sampai nomor yang dituju tidak ada enkripsi sama sekali. Data ditransmisikan apa adanya dari pengirim ke nomor tujuan. Dalam proses transmisi ini tidak ada yang tau apakah SMS tersebut dibaca orang lain atau tidak.
Tidak hanya sampai di situ. Begitu SMS sampai ke nomor tujuan, lagi-lagi tidak bisa dipastikan siapa yang akan membaca SMS yang masuk ke nomor tujuan. Syukur kalau yang membaca adalah orang yang tepat. Bagaimana kalau ponsel tersebut sedang dipinjam dan SMS-nya terbaca oleh orang lain? Bisa runyam urusannya….

Baca SMS Rahasia di HP atau PC
Jangan kuatir, ada solusinya, yakni SMScryptor. SMScryptor bisa mengamankan pesan-pesan yang Anda kirimkan dari operator, spyware pencuri data via jaringan atau siapa pun yang meminjam ponsel Anda. Aplikasi ini akan mengamankan seluruh pesan yang Anda kirim ataupun simpan dengan standar enkripsi AES 256 bit. Kelebihan lainnya, pesan terenkripsi tidak hanya bisa diakses via ponsel, Anda juga bisa mengakses pesan dari komputer desktop dengan tingkat keamanan yang sama.

Untuk menggunakan SMScryptor, Anda dan rekan Anda yang akan diajak ber-SMS rahasia harus mengunjungi http://www.smscryptor.com dari ponsel. Setelah itu klik link java application yang berada di bagian bawah. Sesaat kemudian akan muncul konfirmasi pengunduhan di ponsel Anda. Setujui permintaan tersebut, lalu tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

Bila pengunduhan telah selesai, Anda akan diminta untuk meng-instal software tersebut. Segera setujui permintaan instalasi. Bila Instalasi tidak berlangsung otomatis, Anda harus masuk ke File Manager secara manual lalu menjalankan file SMScryptor.jar secara manual.
Setelah instalasi selesai, masuklah ke menu Applications di ponsel dan jalankan software SMScryptor. Pilih menu subscribe untuk mendaftarkan akun baru. Pada saat pendaftaran Anda akan diminta untuk memasukkan nama panggilan, nomor ponsel, e-mail dan konfirmasi e-mail (kolom email dan confirm email harus terisi sama persis). Setelah itu tekan tombol subscribe. Bila dalam proses ini Anda mengalami kegagalan, Anda dapat mendaftar pula melalui web www.smscryptor.com.

Setelah mendaftar, cek email Anda. Anda akan mendapatkan sebuah password yang dapat digunakan untuk login ke sistem SMScryptor. Catat dan simpan e-mail tersebut. Kembali ke SMScryptor di ponsel, masukkan nickname Anda pada kolom yang tersedia dan masukkan password dengan menekan kotak-kotak berisi angka yang berada di bawah passcode. Posisi angka ini akan berubah-ubah secara acak. Tujuannya, agar tidak bisa dilakukan penyadapan berdasarkan posisi tombol yang Anda tekan.

Kolom Sender yang berada di paling bawah digunakan untuk membuka pesan dari pengirim tertentu saja. Untuk masuk dan membaca pesan, tekan tombol ok. Untuk mengirim pesan baru, tekan menu New message. Isikan nomor yang dituju, lalu ketikkan pesan rahasia Anda ke kolom pesan. Tekan Send untuk mengirim.
Tanpa mengetikkan isi pesan yang sebenarnya, SMS rekan Anda seperti biasa, tapi tanpa menyertakan isi pesan. Boleh SMS kosong, atau beritahu kalau ada pesan baru, atau bisa juga Anda janjian, jika ada miscall dari nomor Anda itu berarti ada pesan rahasia baru. Selanjutnya rekan Anda masuk ke akunnya dan mendekripsi pesan Anda.

Pesan itu lalu bisa terbaca oleh rekan Anda.
Usai mengirim dan membaca pesan, privasi Anda dan rekan akan aman. Sebab tidak akan ada yang bisa membaca pesan. Pesan sesungguhnya tidak disimpan diponsel dan tidak dapat diakses tanpa passcode yang benar. “Pencuri data” dari jaringan GSM pun tak bisa menangkap pesan yang Anda kirimkan karena semuanya telah dienkripsi.

TIPS:
Demi keamanan, pesan secara otomatis akan terhapus dalam 30 hari. Bila ada pesan penting yang perlu dibackup, buatlah catatan cadangannya di ponsel atau PC Anda.

Juni 10, 2009 - Posted by | Tutorial

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: