Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

SOAL PENGASRAMAAN TNI PADA PILPRES, KHAWATIR NETRALITAS TENTARA TAK TERJAGA

JAKARTA Niat Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso mengasramakan prajurit TNI dua hari sebelum pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) 8 Juli 2009 menuai pro-kontra. Pengamat militer Rizal Darmaputra menilai, sikap panglima itu sebenarnya diwarnai adanya kekhawatiran tidak dapat mengendalikan tentara.
"Para tentara diindikasikan bakal ditarik dalam pilpres untuk memberikan dukungan. Itu bukan sekadar dengan memobilisasi keluarga masing-masing, tapi juga lingkungan masyarakat,” jelas Rizal di Jakarta kemarin (31/5).
Panglima menyampaikan rencana pengasramaan prajurit TNI tersebut setelah meresmikan kejuaraan bulu tangkis Djarum Sirkuit Nasional Siliwangi SGS Elektrik Jabar 2009 di GOR Bandung Rabu lalu.
Menurut Rizal, tidak semua anggota TNI dapat diasramakan sesuai rencana tersebut. Sebab, prajurit yang berada di struktur komando teritorial (Koter), mulai Babinsa, Korem, Kodim, sampai Kodam, tidak mungkin mengosongkan markas. Padahal, imbuh Rizal, Koter memiliki peran langsung dalam pembinaan masyarakat di sekitarnya. Dia menduga, pengasramaan itu hanya akan diterapkan bagi unit-unit aktif dari kesatuan pemukul, seperti Kopassus dan Kostrad.
Ketua DPP PDIP Tjahjo Kumolo menolak pengasramaan tersebut. Menurut dia, panglima TNI bersama para kepala staf TNI telah menegaskan netralitasnya dalam pemilu legislatif dan Pilpres 2009. Bahkan, ada penegasan soal ancaman sanksi bagi prajurit yang ketahuan terlibat dalam kegiatan politik praktis. ”Setiap pra­jurit TNI pasti taat asas dan taat terhadap perintah atasannya. Jadi, saya rasa tidak perlu ada ketakutan sampai diasrama­kan segala,” tuturnya.
Apresiasi terhadap langkah panglima datang dari Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jusuf Kalla (JK)-Wiranto, Yuddy Chrisnandy. Menurut Yuddy, pengasramaan itu merupakan iktikad baik TNI untuk menunjukkan kepada rakyat bahwa TNI berdiri di tengah semua golongan.

http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=72555

Juni 2, 2009 - Posted by | TNI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: