Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

DOKUMEN TAK LENGKAP TNI AL TANGKAP KAPAL ANGKUT GULA

Periksa kelengkapan

Anggota Pangkalan TNI AL Sabang tampak berdiri di dek Kapal saat melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen Kapal Surya Indah II di dermaga Lanal Sabang Sabtu (29/5) lalu. SERAMBI/FERDI NAZIRUN SIJABAT

SABANG – Kapal patroli Pangkalan TNI AL (Lanal) Sabang KAL Simeulu menangkap kapal Surya Indah II ketika hendak memasuki perairan Ie Meulee, Sabang, Jumat (29/5) sekira pukul 12.50 WIB. Kapal yang mengangkut gula pasir, tepung, beras ketan, sepatu, dam ban bekas dari Pelabuhan Moung Satun, Thailand dengan tujuan pelabuhan Sabang itu, ditangkap karena tak lengkap dokumen.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sabang, Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono dalam siara pers yang diterima Serambi Senin (1/6) menye-butkan, dari awal pemeriksaan KAL Simeulu sudah menemukan pelang-garan UU No.17/2008 tentang pelayaran, yaitu tidak lengkapnya dokumen pelayaran yang seharusnya dimiliki.
Selain itu, masa berlaku izin memasukkan barang yang dikeluarkan BPKS juga sudah berakhir masa berlakunya. Kini awak kapal sedang menjalani pemeriksaan oleh perwira penyidik Lanal Sabang di Dermaga Lanal. Lebih lanjut Yanuar menam-bahkan, pemeriksaan terhadap kapal itu merupakan bagian dari patroli rutin Lanal Sabang. Sebagai unit organisasi TNI AL, selain mengemban fungsi dukungan kepada satuan tugas operasional TNI AL, Lanal juga menjaga keamanan laut. Lanal Sabang ber-tanggung jawab atas penegakan kedaulatan dan keamanan di laut pada wilayah kerjanya yang meliputi perairan Pulau Weh, Selat Malaka bagian Barat, Aceh Besar hingga perairan Aceh Barat.
Dikatakannya, patroli ini juga bagian dari dukungan terhadap pengem-bagangan perdagangan bebas, sebab dalam konteks persaingan global pengembangan pelabuhan bebas harus mengacu pada perkembangan regulasi perdagangan dan kemaritiman interna-sional, yang meliputi sarana pelabuhan, keselamatan navigasi, dan keamanan aspek maritim. Pengembangan pela-buhan bebas tidak hanya didasarkan pada posisi strategis semata, tetapi juga harus selaras dengan visi pem-bangunan ekonomi daerah.(fs)

http://www.serambinews.com/news/tni-al-tangkap-kapal-angkut-gula

Juni 2, 2009 - Posted by | TNI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: