Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

‘TNI JANGAN DIASRAMAKAN JELANG PILPRES’

INILAH.COM, Jakarta – Dua hari menjelang Pilpres 2009, seluruh pasukan TNI rencananya akan diasramakan. Namun, hal ini menurut mantan Wakil KSAD Letjen (Purn) Kiki Syahnakri tidak tepat. Apa sebabnya?

Menurut Kiki, ada sejumlah alasan atas ketidaksetujuannya pada rencana itu. Di antaranya, bisa menimbulkan kecuri-gaan yang berlebihan terhadap TNI aktif.

“Padahal, nggak seperti itulah. TNI itu lebih gampang diatur daripada sipil. Dia punya disiplin, hirarki, dan punya hukum yang sangat kuat,” paparnya, di acara Seminar kebangsaan Pemaknaan Pembukaan UUD’, di Gedung Kebangkitan Nasional, Jakarta, (Kamis (28/5).

Menurutnya, kenetralan TNI sudah tentukan Panglima TNI sebagai harga mati, sehingga ada sanksi yang sangat kuat apabila dilanggar. “Buat yang melanggar sangat berat sekali sanksinya. Jadi itu tidak usah diragukan. Apa artinya dua hari diasramakan, padahal kampanye selama sekian hari. Jadi itu kurang tepat,” tegasnya.

Yang lebih mendesak, lanjut Kiki, membuat mekanisme internal pengawasan. Sebab, ia yakin para purnawirawan masih sayang kepada TNI. “TNI yang tidak netral bisa berakibat seperti tahun 1965. Yaitu bunuh-bunuhan. Itu sangat melekat pada mantan TNI yang ada di parpol. Jadi, tak usah terlalu dikhawatirkan,” kata Kiki.

Ia juga tidak khawatir dengan para purawirawan yang kini terjun ke politik. Sebab, mereka sudah mejadi warga sipil. “Jadi, artinya, hak politik mereka sudah sama dengan warga sipil lainnya. Jadi tidak ada masalah. Jangan dilihat bahwa dia mantan tentara atau bukan. Dia sudah sipil,” ujar Kiki.

http://www.inilah.com/berita/2009/05/28/110732/tni-jangan-diasramakan-jelang-pilpres/

Mei 29, 2009 - Posted by | TNI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: