Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

Tips dan trik Memanfaatkan Aluminium Foil

Memanfaatkan Sisa Aluminium Foil

Gunakan sebagai serabut penggosok sisa makanan di piring.

     
    Anda punya sisa aluminium foil atau bekas membungkus sesuatu? Bila masih cukup bersih, jangan buang sisa pembungkus ini karena ternyata ada banyak kegunaannya yang lain. Dengan memanfaatkan sisa aluminium foil, Anda juga membantu mengurangi sampah dan melakukan aksi daur ulang. Nah, ingin tahu apa yang dapat Anda lakukan dengan sisa foil?

    Alas setrika
    Pakaian Anda yang terbuat dari bahan sutera, wol, atau rayon biasanya tidak tahan panas. Untuk menghilangkan kusut pada pakaian, letakkan aluminium foil di atas papan setrika, lalu letakkan pakaian Anda di atasnya. Matikan lebih dulu tombol uap, lalu gerakkan setrika setinggi 7-10 cm di atas pakaian. Panas dari foil dapat membantu melembutkan kusut.

    Memanaskan alat pemanggang 
    Peralatan barbeque yang terlalu panas akan membuat makanan terlalu cepat matang, bahkan gosong. Untuk mengonsentrasikan panas dan menjaganya agar tidak cepat pudar, letakkan selembar foil di atas pemanggang selama 10 menit. Singkirkan foil sebelum Anda mulai memanggang, remas-remas menjadi bola (foil akan mendingin dengan cepat). Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan abu atau menggosok sisa-sisa gosong pada alat pemanggang tersebut.

    Memperbaiki sinyal TV
    Jika DVD player Anda terletak berdekatan dengan TV (di bawah atau di atasnya), gambar pada tayangan TV kabur karena dua sumber elektromagnetik akan mencampurkan sinyalnya. Biasanya hal ini terjadi bila player menggunakan casing plastik. Untuk memperbaiki kualitas gambar pada TV, selipkan selembar foil di antara kedua perangkat tersebut untuk memisahkan sinyalnya.

    Melindungi peralatan dari percikan cat
    Jika Anda berniat mencat dinding rumah atau pintu dan jendela, bungkus kenop pintu atau peralatan memasak di dapur atau kamar mandi dengan foil. Foil akan membungkus dengan tepat sesuai bentuk benda apa pun yang ditutupi, dan melindungi dengan rapat semua peralatan hingga pekerjaan Anda selesai.

    Membungkus kulit pie
    Untuk mencegah kulit pie terbakar saat memasak isian pie, buat foil sebagai pembungkus di sekeliling kulit pie untuk menangkis panas. Ambil foil sepanjang kira-kira 60 cm, lipat menjadi sepertiga panjangnya, lalu kencangkan bagian ujung-ujungnya dengan paper clip. Saat makanan setengah matang, pasang foil mengelilingi kulit pie. Jangan melepasnya hingga pie matang.

    Menggosok piring
    Foil juga efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di peralatan makan, seperti makanan yang mengering akibat dipanggang. Gunakan sabun cuci piring dan foil yang sudah diremas menjadi bola sebagai penggosoknya, demikian saran Mary Findley, presiden pengembang produk pembersih Mary Moppins. Namun untuk menghilangkan minyak pada peralatan makan, Anda membutuhkan penggosok yang lebih halus.

    Membungkus kado
    Bila Anda harus membungkus kado namun belum sempat membeli kotak atau kertas pembungkus, Anda juga bisa menggunakan foil sebagai kertas pembungkus. Tambahkan pita, bunga-bungaan, atau pernak-pernik lain sebagai pemanisnya.

    Mei 24, 2009 - Posted by | Tips dan triks

    Belum ada komentar.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: