Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

Bebek Panggang Siang Malam

bbk2Anda mungkin pernah mendengar dan menikmati berbagai masakan dari daging, termasuk bebek. Mulai dari bebek goreng, penyet sampai bebek betutu yang dapat anda temukan jika anda berlibur ke pulau Bali. Nah kali ini saya akan menceritakan sajian bebek yang tidak kalah menggoda untuk dicoba. Mungkin anda pernah mendengar ada masakan Bebek panggang tapi belum menemukan tempat untuk mencicipinya, nah kali ini saya ajak anda untuk wisata kuliner, meminjem istilah mas koki di kompas hehehe…

Wisata kuliner perdana kita kali ini ke daerah barat Indonesia,Nanggroe Aceh Darussalam. Sebuah daerah yang mungkin sering terdengar dengan berbagai kejadian fenomenal sepanjang kurun waktu Indonesia berdiri. Kali ini kita singgah ke Pidie, tepatnya ke beureunuen atau juga dikenal dengan kecamatan Mutiara, daerah penghasil “kerupuk meuling” alias bahasa kerennya emping hehehe. Jika anda ke Aceh Pidie dan ingin membawa oleh-oleh pulang ke daerah asal, Emping ("kerupuek Mulieng") ini adalah oleh-oleh khas dan terkenal yg berasal dari daerah ini,  harganya bervariasi  Rp.35.000-Rp.40.000 tergantung tipis dan kering tidaknya, harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung mudah tidaknya didapatkan buah melinjo. Tempat Penjualan Emping ini tepat ditoko-toko di pusat kota beureunuen. Konon Beureunuen adalah salah satu pusat perdagangan paling pesat di Pidie, letaknya yang strategis dan dilewati oleh berbagai kendaraan yang menempuh jalan ke Banda Aceh dan merupakan lintas persinggah an masyarakat yang ingin pergi ke Meulaboh, tidak heran jika di Bereunuen banyak para pedagang dan saudagar yang notabene mewarisi sifat dari leluhur yang ahli dalam berniaga.

bbk3Masakan dari bebek adalah salah satu makanan favorit masyarakat di daerah ini. Masakan ini biasanya dimasak jika ada acara-acara besar seperti pesta, kenduri, maulid dan juga acara-acara penting lainnya. Bebek ini biasanya diolah menjadi masakan kari bebek yang dimasak putih atau merah. Nah, dikota ini ada seorang bapak yang memiliki keahlian memasak bebek menjadi kari bebek dan bebek panggang. Hampir 12 tahun si bapak dan istri tercinta menggeluti usaha di bidang masakan ini. Warung Siang Malam adalah saksi perjalanan Pak Abubakar mencari rezeki, dengan masakan khas ini ia sukses mengantarkan anak-anaknya menempuh pendidikan di berbagai bidang. Warung ini bisa anda temukan di pusat kota Beureunuen, berdekatan dengan Mesjid Kota Beureunuen, Jika anda menuju kota Banda Aceh maka anda dapat menemukan warung ini di sebelah kanan, sedangkan jika anda menuju kota Medan warung ini bisa anda temukan di sebelah kiri, letaknya tepat di persimpangan yang berseberangan dengan lintas jalan raya akan memudahkan anda untuk menemukan dan mencicipi masakan ini.

Tertarik lebih lanjut untuk menemukannya..? Yuuk saya bantu anda untuk menggugah selera icip-icip masakan yang tak biasa ini.. hehehe…. Anda dapat menemukan kari bebek (Rp. 12.000/Porsi) dan bebek panggang dengan harga Rp. 25.000/Porsi, anda sudah mendapatkan si bebek panggang plus bumbu kecap, nasi dan lauknya. Yang tidak kalah menggoda adalah lauk khasnya diberi nama “Lambai”, lauk ini biasanya hanya dapat anda temukan di aceh jika bulan Ramadhan tiba, menjadi sebuah menu pembuka wajib bagi kalangan masyarakat Serambi ini, tak lupa pula sepotong ikan asin khas tanpa tulang yang menambah nikmat rasa menu bebek panggang…(Hmmm.. Yummmi..) Semua makanan tadi hanya akan anda temui setiap jam 18.00 WIB-24.00 di pojok Warung Siang Malam, nah jika lewat dari jam itu maka anda terpaksa menggigit jari karena si bapak sudah pulang ke peraduan untuk beristirahat.. hehehe…. Maklum aja, masakan ini adalah favorit berbagai kalangan di Pidie Aceh sehingga banyak yang datang jauh-jauh khusus hanya untuk mencicipi masakan bebek kari dan bebek panggang ini.

Nah bagaimana sich rasanya bebek panggang ini..? Bebek Panggang pak Abua atau yang terkenal juga dengan bebek panggang siang malam ini harumnya sangat menggoda dan mengundang kita untuk menikmatinya hhhmm…. Ketika kami mampir dan makan, daging bebeknya tidak alot, mudah untuk digigit, tidak seperti bebek panggang biasanya yang kadang kita harus sampai mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggigitnya, selain itu harumnya khas sekali dan rasanya enak, nikmat dengan racikan bumbu yang khas pak Abu. Mungkin karena alasan inilah warung ini selalu ramai dikunjungi kalangan usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai orang tua.

Penasaran dengan rasa dan penasaran juga dengan cara buatnya? Ssstttt…!!! Kita intip sedikit cara pengolahanya yukk… Sebelum di olah bebek terlebih dahulu dibersihkan bulu-bulunya sampai bersih, kemudian dibakar secara merata dan dibersihkan, selanjutnya bebek dipotong-potong sesuai porsi kemudian dimasak dengan bumbu racikan khusus yang dibuat langsung oleh Pak Abu yang sering dipanggil juga Abua sehingga menjadi bebek kari, kemudian bebek kari yang telah dimasak dipanggang dengan bara api sampai matang dan tidak mengeluarkan minyak, baunya harum dan menggoda. Bebekpun siap di hidangkan.

Tertarik ingin mencicipinya..? Sempatkan waktu anda hanya beberapa menit untuk singgah mencicipi masakan yang tak biasa ini, rasanya yang khas tidak akan anda temukan di kota yang lain. Jika anda tertarik untuk pemesanan bebek panggang ini ini, anda bisa menghubungi sehari sebelumnya langsung dengan Pak Abu No. Tlp. 0853-821493 atau anda langsung saja ke Warung Siang Malam pak Abu setiap jam 18.00 WIB-24.00 di Jl. Raya Banda Aceh Medan Beureuneun (tepat tengah kota Beureuneun dekat mesjid Beureunuen). Harga 1 ekor bebek Panggang berkisar antara Rp. 80.000-Rp. 100.000 (NB: 1 Ekor Bebek Panggang bisa dibagi menjadi 4 Potongan bebek ukuran besar, atau sesuai permintaan).

Sekian wisata kita kali ini ke Aceh, bagi anda penggemar daging bebek dan pendatang yang sedang melaksanakan tugas di Aceh Pidie, tidak ada salahnya jika anda mencoba datang dan merasakan salah satu makanan khas ini. Saya yakin anda tidak akan kecewa dan anda akan terkenang untuk menikmatinya kembali masakan ini, hehee…

Salam Hangat dari Serambi… Caiyooooooooooo….

By: PUAN St.A.A.414

Mei 12, 2009 - Posted by | Kuliner

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: