Topabislah’s Blog

Usaha, Solusi, Cerita dan Tips serta Triks apa saja seputaran kita

PROSPEK BENGKEL MOTOR

Bisnis jasa bengkel motor merupakan bisnis yang tidak akan pernah surut. Lihat saja populasi kendaraan roda dua yang kini jumlahnya mencapai puluhan juta atau bahkan ratusan juta. Suatu jumlah yang luar biasa untuk dibisniskan. Bukankah motor tersebut perlu perawatan agar tetap prima. Melihat prospek yang menjanjikan ini, banyak orang yang mengadu nasib dengan membuka bengkel motor. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Seperti ATPM Honda Motor,Yamaha Motor, Suzuki Motor dan Kawasaki Motor serta ada beberapa pendatang baru di merk sepeda motor ini menambah kesemarakan dunia sepeda motor di Indonesia yang penjualannya tiap tahun semakin meningkat prosentasenya.

Apalagi untuk sekarang ini pemilik bengkel motor bisa bekerja sama dengan ATPM utuk membuka bengkel resmi dengan memenuhi persyaratan-persyaratan yang sudah di tentukan oleh tiap-tiap ATPM sebelum ditunjuk sebagai bengkel resmi. Ukuran tempat usaha minimal, berada di lokasi yang sesuai dengan mapping yang ada dan mengikuti aturan main yang ditetapkan “Jika sudah menjadi bengkel resmi, tidak boleh melayani motor merek lain selain ATPM tersebut. Syarat lain, biasanya kita harus mempunyai tempat sendiri atau kontrak minimal 5 tahun. Memiliki izin usaha minimal izin domisili, SIUPP, NPWP, Tanda Daftar Perusahaan. Juga mempunyai mekanik minimal 3 orang dan 1 front desk. Jumlah bike lift (tempat kerja) minimal 2 buah. Tapi untuk memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan seluruh ATPM memiliki standar fasilitas fisik yang berbeda satu sama lainnya namun pada standarnya sekitar Front Desk, Bike Lift, Piping System, xhaust System dan Oil Drain.

Para mekanik bengkel resmi tersebut sebelumnya diberikan pelatihan dasar untuk standarisasi servis. Salah satunya, minimal mereka sudah harus mampu melakukan tune up motor. Juga ada pelatihan tingkat lanjut yang lebih bersifat analisis, Di sini mereka diberikan teknik bongkar pasang dan menalisis kerusakan dan perbaikan. Sedang pelatihan berikutnya adalah lebih ke manajemen, mengelola bengkel secara benar dengan sistem yang baik termasuk pelatihan administrasi yang diberikan secara terpisah. Di sini dilatih bagaimana membuat laporan harian, bulanan, dan perintah kerja. Dan yang terpenting adalah mereka harus menguasai WPP (Workshop Performance Parameter) yang lebih kepada penguasaan bagaimana seharusnya performa bengkel dengan segala atributnya.

“Bagi mereka yang ingin terjun di jasa perbengkelan, dan bergabung dengan salah satu ATPM pastinya akan membutuhkan modal yang besar. Tapi itu tuntutan agar konsumen merasa puas namun anda tidak perlu khawatir karena modal akan kembali setelah 3-4 tahun bengkel berjalan.

Bagi anda yng masih pemula dan modal paspasan tdk perlu khawatir yang penting anda punya kemauan yang besar dan kerja keras tdk perlu bergabung dengan ATPM tapi anda bisa memulai semua sendiri dengan memperhatikan factor-faktor berikut:

1. Tempat, usahakan kalau mampu dijalan raya besar itu lebih bagus namun bila tidak, agak masuk kedalam juga tidak ada masalah yang penting tidak jauh dari jalan besar dan ramai dilalui oleh sepeda motor.

2. Spare part, yang anda sediakan adalah spare part yang betul betul dibutuhkan setiap hari dan jangka waktu penggantian tidaklah terlalu lama, namun berikan spare yang asli bukan aspal (asli tapi palsu) kalau memang mau melengkapi dengan barang yang murah sediakan barang yang punya merek dan bukan aspal.

3. Karyawan, sebenarnya kalau anda sendiri memang menguasai perbengkelan dan memang mau dikerjakan sendiri itu lebih bagus, bila tidakpun anda harus mencari karyawan yg bisa dipercaya dan punya kualitas bagus dalam bekerja, namun andapun harus mengerti sedikit banyak tentang perbengkelan.

4. Perlengkapan/perkakas/peralatan kerja bengkel dilengkapi agar tidak membuat kesulitan pada saat bekerja.

5. Buat plang atau spanduk nama bengkel anda.

Satu lagi yang paling penting dalam berbisnis, anda tdk boleh takut rugi. Belajarlah dari pengalaman karena pengalaman adalah guru utama dan yang terbaik untuk kita.

SELAMAT MEMBUKA BENGKEL MOTOR DAN SUKSES

April 11, 2009 - Posted by | Uncategorized

2 Komentar »

  1. Degan Hormat,

    Saya begitu tertarik untuk usaha bengkel motor mohon bantuan kerja sama usaha dengan sistem ATPM (HONDA), bagaimana untuk memulainya?

    Komentar oleh Iman Sampurna | Mei 8, 2009 | Balas

    • Salam hormat kembali buat anda bpk Iman sampurna.

      Untuk memulai usaha ini anda diharapakan mempunyai kemampuan standar ATPM Honda yang tentunya diputuskan oleh PT Astra Honda Motor. Sebagai gambaran saja untuk anda, beberapa yang harus anda punya dan siapkan sebelum mengajukan permohonan kerjasama adalah: – Punya Lokasi, Investasi/dana, sumber daya Manusia, Pelayanan yang baik, bangunan alat dan manajemen yang diputuskan oleh PT Astra Honda Motor.

      Untuk lebih jelasnya anda bisa kontak dan berhubungan langsung melalui alamat di bawah ini.

      Bengkel AHASS – Astra Honda Motor

      Information Summary

      Founded : 2000 Industry : Motorcycle
      Website : http://www.astra-honda.com Contact : Astra Honda Motor
      Phone : +6221-6518080, 30418080 (Hunting) Fax : +6221-6521889, 6518814
      E-mail : Contact Form
      Address : Jl. Laksda Yos Sudarso – Sunter I, Jakarta 14350, Indonesia
      Estimated Investment : Rp. 100 – 250 Million

      For Main Dealer Informations :
      – Jakarta-Tangerang : PT. Wahana Makmur Sejati, Phone: 021-6012044, 08001881700
      Website: http://www.wahanaartha.com
      – Bandung (West Java) : PT. Daya Adira Mustika, Phone: 022-6051039
      – Lampung : PT. Tunas Dwipa Matra, Phone: 021-7987070
      Website: http://www.tunasgroup.co.id
      – Medan : CV. Indako Trading, Phone: 061-4556900
      – Surabaya-Malang (East Java) : PT. Mitra Pinastika Mustika, Phone : 8912307

      You can also contact :
      YDBA : 021-3865831
      Honda Sales Operation : 021-65310250

      semoga alamat ini belum berubah dan bermanfaat bagi anda
      salam hormat kami

      Komentar oleh topabislah | Mei 8, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: